Rabu, 03 Februari 2016

Embun Pagi KDB Daewoo Securities

China’s slowing economy

China’s GDP growth is slowing
Ekonomi Cina kembali mencatat pertumbuhan lemah tahun lalu (6,9% YoY), melanjutkan tren turun sejak 2010 (lihat Grafik). Pelemahan bertahap ini sejalan dengan proses rebalancing ekonomi negara tersebut. Proses rebalancing ekonomi adalah menerapkan strategi yang mengarah kepada pertumbuhan ekonomi yang dimotori oleh konsumsi, baik konsumsi swasta maupun pemerintah, daripada dimotori oleh belanja investasi. Sebagai ekonomi kedua terbesar dunia, proses rebalancing ekonomi Cina memberi dampak signifikan kepada Indonesia, menurut kami, karena proses tersebut berjalan lambat. Artinya, pertumbuhan konsumsi negara tersebut belum bisa dipacu dengan lebih cepat untuk menggantikan pelemahan pertumbuhan investasi. Hasilnya, secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Cina yang lebih lambat.

Impact on Indonesia
Pertumbuhan ekonomi Cina yang bertahap melambat pada gilirannya menyeret pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia melemah. Perkembangan terakhir memberi implikasi pada investor, bahwa saat ini, investor tidak bisa mengharapkan pertumbuhan dua dijit untuk ekonomi Cina. Sehingga, investor juga harus menurunkan ekspektasi pemulihan harga Crude Palm Oil (CPO) dan batubara. Dengan penurunan ekspektasi pemulihan harga CPO dan batubara, pada akhirnya, memaksa investor untuk meninjau kembali aspek valuasi perusahaan batubara dan CPO di Bursa Efek Indonesia.

Background on China’s rebalancing
Salah satu diantara kebijakan lainnya yang digunakan dalam proses rebalancing ekonomi Cina adalah meningkatkan tingkat bunga, yang terlihat sejak akhir 2004 pada saat rencana rebalancing ini diluncurkan.  Tingkat bunga lebih tinggi akan meningkatkan penerimaan konsumen dan menurunkan tingkat pokok tabungan, sehingga memicu konsumsi yang lebih tinggi.

For details : download di www.dwsec-id.com 
Best Regards,


FINA FATMASARI
Office Education



PT. Daewoo Securities Indonesia
Kawasan Megakuningan
Kantor Taman A9, Unit A3-A Lt. 3 Jakarta Selatan 12950
Mobile: +62-812-8407-6706  Pin: 7D899672

Tidak ada komentar:

Posting Komentar