Kamis, 11 Februari 2016

KDB Daewoo Securities Indonesia 12 feb 16

Embun Pagi
Potential new mall

Bagi kebanyakan orang Indonesia di kota-kota besar seperti Jakarta, mengunjungi mal tidak lagi hanya berbelanja, tetapi bisa menjadi tujuan tamasya dan rekreasi. Fungsi Mall saat ini, semakin menjadi tempat bersosialisasi yang populer di daerah perkotaan, begitu banyaknya mall di Jakarta, sehingga Jakarta dijuluki sebagai ' Kota Mall', dengan lebih dari 170 mall.

Indonesia masih memiliki penetrasi belanja yang relatif lebih rendah secara online (USD14.9), jika dibandingkan Thailand (USD53.0), dan China (USD327.5). Berdasarkan survey Markplus Insight, kebanyakan orang Indonesia masih lebih suka membeli item dari toko dan pusat perbelanjaan. Dengan demikian, kami perkirakan pertumbuhan belanja online, tidak akan secepat di negara tetangga.

Menurut data Colliers International, Jakarta akan memiliki tambahan beberapa pusat perbelanjaan setelah tahun 2016, di antaranya adalah Mall Puri Indah 2, Pondok Indah Mal 3, shopping mall di Podomoro Park dan Holland Village mall.

Joint venture antara AEON mall dengan pengembang local memiliki rencana untuk membangun 20 mall di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Direncanakan akan terdapat 4 AEON mall yang mulai beroperasi pada tahun 2018 yang berlokasi di Cakung, Deltamas, Bogor dan Sentul. Pasokan mall tambahan pada tahun 2017-2018 akan banyak berlokasi di dekat kawasan perumahan, baik apartemen maupun rumah tapak.

Jakarta masih diproyeksikan sebagai pasar potensial untuk retailer asing. Namun, ada space kosong yang tidak memadai di tengah-tengah mal kelas atas khususnya di daerah pusat kota. Beberapa pusat belanja memitigasi situasi tersebut dengan menata ulang campuran tenant dan memilih tenant dengan kapasitas yang dapat menarik kerumunan dan mengangkat kinerja mal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar